Bangku kuliah yang merupakan jenjang pendidikan tingkat atas di Indonesia, memang dikenal memiliki jumlah pembiayaan yang besar didalamnya. Oleh karenanya sangatlah wajar jika jenjang pendidikan yang satu ini selalu dikaitkan dengan kemampuan finansial para orang tua calon mahasiswa. Bagi Anda yang memang ingin menempuh pendidikan tingkat tinggi pada sebuah universitas, namun memiliki kemampuan yang terbatas dalam hal finansial, kini Anda tak perlu khawatir karena berbagai lembaga termasuk universitas itu sendiri telah menyediakan fasilitas beasiswa bagi para calon mahasiswanya. Program beasiswa unggulan yang diberikan untuk mahasiswa ini diberikan secara menyeluruh untuk lingkup pembiayaan kegiatan perkuliahan mahasiswa, atau yang biasa disebut dengan fully funded.

buku

Program pembiayaan perkuliahan yang diberikan oleh sebuah universitas ataupun lembaga ini, tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang terbatas dalam kemampuan finansial saja, namun bagi para mahasiswa berprestasi pun, dapat mengakses beasiswa yang satu ini. Untuk dapat mengakses beasiswa dari berbagai lembaga ataupun universitas sendiri, syarat utama yang memang harus dimiliki oleh para mahasiswa adalah surat keterangan resmi dari universitas tempat mereka akan ataupun sedang menimba ilmu di dalamnya, dimana surat ini berisi keterangan mengenai status para calon pengakses beasiswa di universitas tersebut.

Bagi Anda yang merupakan calon mahasiswa baru, akan lebih disarankan bagi Anda untuk memperhatikan kredibilitas dari universitas tempat Anda akan menimba ilmu di dalamnya, mengingat beberapa beasiswa yang diberikan oleh lembaga diluar universitas, memberikan persyaratan untuk minimal kredibilitas universitas calon penerima beasiswa mereka harus di angka B. Berbeda dengan beasiswa yang diberikan oleh lembaga di luar universitas, beasiswa yang diberikan oleh universitas sendiri biasanya tidak mensyaratkan kredibilitas universitas didalamnya. Namun syarat utama yang diterapkan adalah calon mahasiswa harus terdaftar pada universitas tersebut terlebih dahulu,

Selain persyaratan utama tersebut seperti yang terurai di atas, biasanya para pemberi beasiswa unggulan baik dari pihak kampus ataupun lembaga diluar kampus, akan memberikan persyaratan lainnya, yang memang harus dipenuhi oleh para calon pengakses beasiswa. Berikut ini beberapa gambaran persyaratan yang mungkin harus kita perhatikan, diantaranya adalah:

  1. Rata-rata nilai akademik dari mahasiswa yang diperoleh dari jenjang pendidikan sebelumnya atau selama masa kuliah berjalan.
  2. Kemampuan mahasiswa dalam penguasaan bahasa Internasional yang dibuktikan dengan sertifikat khusus penguasaan bahasa tersebut.
  3. Easy ataupun proposal yang dibuat oleh mahasiswa terkait dengan bidang pendidikan dan rencana study yang mereka tempuh, untuk pengaksesan beasiswa tersebut.
  4. Pengisian data melalui aplikasi yang kini memang banyak disediakan secara online, oleh pihak pemberi beasiswa.
  5. Data-data dan surat keterangan lainnya, yang biasanya berupa dokumen keterangan diri para calon penerima beasiswa.

Persyaratan-persyaratan tersebutlah yang hendaknya kita persiapkan dengan baik, agar nantinya ketika kita menemukan informasi mengenai berbagai program beasiswa tersebut, kita dapat mengakses dan mendaftarkan diri dengan mudah dan terencana. Dengan persiapan yang lebih matang, maka pihak pemberi beasiswa pun akan lebih mudah di yakinkan untuk memberikan beasiswa tersebut kepada kita.

Untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai program beasiswa unggulan yang diberikan oleh universitas ataupun lembaga lain diluar universitas, peran aktif mahasiswa sangat diperlukan. Kita sebagai mahasiswa hendaknya aktif mengikuti berbagai forum ataupun kegiatan untuk lebih mudah mendapatkan informasi. Manfaatkanlah pula jaringan internet untuk memperoleh informasi beasiswa, mengingat saat ini banyak universitas ataupun lembaga lainnya yang memberikan informasi program mereka secara online.