Kehamilan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak pasangan yang sudah menikah. Saat ibu hamil, penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. Hal ini dikarenakan janin dalam kandungan sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Nutrisi ini bisa berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Nutrisi yang tercukupi akan berpengaruh pada tumbuh kembang janin secara optimal. Selain itu, berguna juga agar ibu selama mengandung tetap dalam kondisi sehat.

makanan-ibu-hamil

Adapun beberapa jenis nutrisi yang harus dipenuhi selama kehamilan, seperti:

1. Protein

Protein sangat diperlukan selama kehamilan guna membantu pertumbuhan jaringan pada janin, salah satunya untuk perkembangan otak. Selain itu protein juga turut berperan dalam meningkatkan suplay darah pada ibu hamil. Makanan sumber protein bisa diperoleh dari, ikan, susu, telur, ayam, kacang-kacangan, biji-bijian, dll.

2. Zat besi

Zat besi diperlukan untuk mensuplay pasokan darah selama kehamilan karena saat hamil kebutuhan akan zat ini bisa meningkat hingga dua kali lipat. Zat besi diperlukan untuk membuat sel darah merah. Kekurangan zat besi bisa beresiko mengalami anemia saat kehamilan. Untuk itu, nutrisi yang satu ini tidak boleh diabaikan begitu saja. Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia bisa diperoleh dari ayam, ikan, daging merah tanpa lemak, kacang merah, bayam, kubis, dan berbagai sayuran hijau lainnya.

3. Karbohidrat

Karbohidrat berperan sebagai sumber energi selama kehamilan. Ibu hamil yang tercukupi kebutuhan karbohidratnya tidak akan mudah lemas, selain itu juga berperan agar janin tetap sehat selama kehamilan.

4. Lemak

Memenuhi kebutuhan lemak selama kehamilan sangat berguna untuk pertumbuhan janin, perkembangan otak dan mata saat kehamilan memasuki trimester ketiga. Sebaiknya konsumsi lemak sehat yang berasal dari ikan salmon, buah alpukat, dan kacang-kacangan.

5. Serat

Makanan berserat yang bisa kita temukan pada buah dan sayuran sangat diperlukan selama kehamilan. Selain bisa membuat perut kenyang lebih lama, juga membantu terhindar dari resiko sembelit selama kehamilan.

Nah, selain beberapa nutrisi tersebut, ibu hamil juga bisa melengkapinya dengan vitamin dan mineral lain, seperti asam folat, kalsium, vitamin D, vitamin C, kolin, iodium, dan seng. Untuk ibu hamil yang mengkonsumsi vitamin selama kehamilan, sebaiknya melalui petunjuk dan resep dari dokter terlebih dahulu. Untuk memudahkan menebus resep dari dokter, nantinya Anda bisa melakukannya di Go Apotik.