Kursus menjadi salah satu alternatif untuk memiliki kemampuan tertentu tanpa harus mengikuti jenjang pendidikan di sebuah universitas yang banyak menghabiskan waktu dan biaya, ada banyak jenis kursus yang biasa dipilih untuk menunjang kemampuan seperti kursus berbahasa. Kursus bahasa Korea menjadi salah satu jenis kursus bahasa yang banyak diminati saat ini, beragam alasan banyak membuat orang ingin belajar bahasa ini mulai dari karena ingin kuliah di Korea, ingin mengadu nasib di Korea, suka menonton drakor, suka dengan KPOP-nya, atau karena alasan lainnya.

hangul

Ada banyak faktor yang mempengaruhi orang untuk belajar bahasa Korea, termasuk di dalamnya berbagai faktor mengapa kursus bahasa yang satu ini menjadi sebuah keharusan seperti:

Sangat membantu memperkaya pengetahuan

Biasanya tempat kursus untuk berbagai bahasa khususnya bahasa Korea, peserta tidak hanya diajari mengenai bahasanya saja namun juga berbagai budaya yang ada di negara tersebut. Hal ini tentunya akan membuat pengetahuan mengenai Korea bertambah lebih banyak, hanya sekedar bahasanya namun juga berbagai nilai, norma, adat, kebiasaan, dan hal menarik lainnya di negara dengan julukan ‘Negeri Ginseng’.

Akan sangat membantu ketika tour atau traveling ke Korea

Bagi K-POP-er, berkunjung ke negara ini menjadi impian. Mengunjungi berbagai tempat menarik maupun mencoba berbagai menu makanan khas negara ini, jika beruntung juga bisa bertemu dengan artis Korea. Dengan mengikuti kursus bahasa akan sangat membantu dalam melakukan komunikasi ketika berada di Korea, dengan begitu kemanapun Anda pergi akan lebih mudah dan tidak kesulitan ketika menanyakan lokasi.

Untuk mempercantik CV

Bagi yang sedang mencari prospek kerja jurusan pariwisata di wilayah Korea khususnya, memiliki kemampuan berbahasa Korea tentu wajib dimiliki. Seperti yang diketahui persaingan dunia kerja saat ini semakin kompetitif saja, ada banyak orang dengan skill berbeda melamar pada pekerjaan yang sama.

Untuk mendapat perhatian dari pihak HRD memiliki skill tambahan selain skill utama yang dibutuhkan tentu menjadi perhatian lebih, salah satu skill tambahan yang bisa dimiliki dengan memiliki kemampuan bahasa asing (baik itu bahasa Inggris bahasa Korea, bahasa Jepang, atau bahasa lain yang banyak dicari oleh pihak perusahaan)

Untuk mempertajam otak

Menguasai beberapa bahasa sekaligus bisa menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan kinerja otak, hal tersebut tentunya akan sangat membantu otak untuk berkembang lebih cerdas. Kabarnya peningkatan kinerja otak dari kemampuan binual juga bisa menjadi pencegah berbagai penyakit kepikunan (seperti demensia atau lainnya) saat menginjak usia tua.

Sebuah penelitian menyatakan jika seseorang menguasai lebih dari satu bahasa, maka otaknya akan lebih terbiasa untuk sibuk memilih kosakata mana yang akan digunakan. Proses pemilihan yang dilakukan oleh otak memiliki kemampuan untuk menguatkan kinerja sel-sel di dalamnya, pada akhirnya kegiatan ini akan membuat otak lebih pintar.

Jika kamu mengikuti kursus bahasa Korea untuk menambah kemampuan bahasa asing selain bahasa Inggris, hal tersebut akan sangat membantu dalam mencerdaskan otak.

Sangat membantu ketika belajar bahasa asing lain

Bahasa Korea dikenal dengan karakter hurufnya yang berbeda dibanding dengan bahasa asing lainnya seperti bahasa Inggris atau bahasa Indonesia, bahasa Korea menggunakan karakter hangul. Perbedaan bentuk dari berbagai karakter huruf yang digunakan pada bahasa Korea cukup sulit dilakukan bagi orang yang baru pertama kali mengenalnya, karenanya sangat sulit jika harus belajar sendiri untuk bahasa ini dan membutuhkan bimbingan dari ahlinya.

Namun jika telah menguasai karakter bahasa Hangul, biasanya pelajar akan lebih mudah dalam belajar bahasa lainnya seperti Mandarin atau huruf kanji. Hal ini terjadi karena otak sudah terbiasa dalam menerima berbagai huruf dengan karakter yang asing.

Sebagai salah satu prospek menarik

Ada banyak prospek kerja jurusan Pariwisata yang bisa diambil ketika menguasai bahasa Korea, mulai dari menjadi tour guide orang Korea, juru bicara, traveller Korea, penerjemah, atau hal lainnya yang berhubungan dengan Korea. Dengan berbagai prospek yang ditawarkan, kemampuan berbahasa ini akan sangat berguna untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Mempertajam konsentrasi

Meski sulit diukur, namun kursus bahasa yang satu ini juga memberikan manfaat yang besar terhadap kemampuan dalam mempertajam konsentrasi. Umumnya orang multilingual atau memiliki kemampuan banyak bahasa akan lebih mudah dalam menentukan bahasa yang sedang didengarnya, hal ini membuat lebih fokus dan tidak mudah terdistraksi terhadap hal yang sedang diperhatikannya (intinya dia memiliki konsentrasi yang tajam atau fokus serta cukup detail)

Mengikuti kursus bahasa Korea atau jenis kursus bahasa asing lainnya tentu akan sangat berguna di masa depan, terlebih bagi yang ingin mencoba meniti karir di negara yang bersangkutan. Terlebih saat ini hampir semua perusahaan mencantumkan syarat ‘minimal menguasai satu bahasa asing’ untuk bisa mendapatkan peluang pekerjaan yang disebar.

Meski pada umumnya bahasa asing yang dimaksud merupakan bahasa internasional, namun apa salahnya jika Anda juga memiliki kemampuan dalam berbahasa Korea yang tentunya akan lebih menarik minat pihak perusahaan untuk menerima lamaran yang diajukan.