Piye kabare, cah? Apik-apik, tho? Siapa yang pernah liburan ke Kebumen? Pasti gak banyak, deh… Kebumen itu asik, lho! Banyak yang bisa kmau lakukan di sana, wisata kulinernya juga enak-enak! Penasaran, ya? Makanya pesan tiket KAI dengan tujuan Kebumen. Kalau kehabisan tiket, coba pesan dengan tujuan Jogja atau Solo, lalu turun di Kebumen. Gampang! Biar makin yakin, berikut ini kuliner di Kebumen yang wajib kamu coba!

Sate_Ambal

Sate Ambal

Nasi Penggel

Nasi Penggel, nasinya capek gitu? Bukan! Itumah pegel! Nasi Penggel adalah makanan khas Kebumen, nama penggel diambil dari bahasa Jawa yang berarti bulat dan memang nasi yang disajikan pun berbentuk bulat, nasinya dikepal sebesar bola pingpong. Satu porsi Nasi Penggel berisi 7-8 kepal nasi.

Biasanya hidangan ini disantap untuk menu sarapan. Nasi Penggel disajikan bersama jangan gori (sayur nangka muda), jeroan sapi, krecek (kulit sapi), dan tempe mendoan. Rasa pedas dan gurihnya nagih banget! Oh, iya seporsi Nasi Penggel hanya seharga Rp8.000 – Rp10.000 aja. Murmer, murah meriah!

Soto Tamanwinangun

Sesuai dengan namanya, Soto Tamanwinangun belokasi di kelurahan Tamanwinangun, Kebumen. Soto ini salah satu kuliner andalan dari Kebumen, guys. Kalau biasanya soto di daerah lain menggunakan bahan daging sapi dan ayam, Soto Tamanwinangun ini menggunakan daging entok atau itik Serati! Penasaran, ya? Berkuah santan, dengan isian kol, tauge, bihun, dan perkedel jagung. Biasanya soto ini dijual di sore hingga malam hari. Kalau ke Kebumen jangan lupa nyoba soto ini, ya!

Sate Ambal

Wah, ini! salah satu makanan terkenal di Kebumen, kalau belum makan ini, berarti kamu belum ke Kebumen! Sate Ambel berasal dari desa Ambalresmi yang berada di pesisir selatan Kebumen. Sate Ambal berbeda dari sate lainnya, karena bumbu yang digunakan agak lebih encer dan berasal dari tempe rebus yang dihancurkan hingga halus. Sebelum dibakar, daging untuk Sate Ambal dimasak terlebih dahulu, jadi sudah dijamin matang dan dagingnya lembuuuuttttt… harganya hanya Rp10.000 – Rp15.000 untuk seporsi Sate Ambal lengkap dengan lontong atau ketupat.

Yutuk Goreng

Pernah dengar hewan yang bernama yutuk? Yutuk, ya, bukan Youtube… Yutuk adalah sejenis undur-undur laut yang hidup tersembunyi di pasir pantai. Hidangan Yutuk Goreng akan banyak kamu temui di Kebumen, terutama di pantai Petanahan. Biasanya yutuk ini diolah menjadi bakwan atau rempeyek. Hemm.. menarik, nih.. kamu bisa menyantapmnya utuk camilan atau sebagai hidangan pelengkap menu pecel. Kuliner sederhana yang unik!

Soto Ayam Petanahan

Soto Ayam Petanahan atau Soto Kored ini berasal dari wilayah pesisir Kebumen. Soto Ayam Petanahan ini menggunakan ayam kampung yang sudah pasti tekstur dagingnya berbeda dengan ayam negeri. Bumbu untuk kuah soto ini cukup unik karena menggunakan kunyit dan jahe, aromanya kuat banget. Paling enak menyantap semangkuk soto dengan leher ayam goreng yang tulangnya sudah lunak banget, dijamin nagih!

Banyak banget, kan, kuliner Kebumen yang belum pernah kamu coba? Gak perlu ragu, rasanya enak-enak, kok. Jadi kapan mau pesan tiket KAI dan menikmati kuliner ini? Mau liburan kenyang? #gampang!