Bakteri biasanya sangat identik dengan hal yang buruk dan berbahaya karena bisa mendatangkan penyakit. Namun ternyata tidak semua bakteri itu jahat, karena ada jenis bakteri baik yang sering disebut juga dengan nama probiotik. Probiotik merupakan mikroorganisme yang berguna untuk mencegah dan menanggulangi terjadinya penyakit. Probiotik sangat bagus untuk sistem pencernaan serta bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh jika dikonsumsi dengan cukup dan rutin.

yoghurt

Probiotik sejatinya ada di dalam tubuh kita. Namun untuk memenuhi jumlah probiotik dalam tubuh, Anda juga bisa mendapatkannya lewat makanan, minuman, maupun suplemen. Dengan jumlah bakteri baik dan buruk yang seimbang maka tubuh bisa bekerja sebagaimana mestinya. Dengan mengkonsumsi probiotik, tubuh mampu mengembalikan bakteri-bakteri baik yang telah terbunuh. Probiotik juga mampu membersihkan saluran usus yang terendap banyak kotoran. Sehingga bisa dikatakan probiotik untuk kesehatan saluran cerna memang benar adanya.

Beberapa contoh makanan yang mengandung probiotik mungkin sudah ada yang tahu karena cukup populer di masyarakat. Beberapa diantaranya, seperti:

1. Yoghurt

Produk yoghurt mungkin sudah tidak asing lagi dan cukup disenangi oleh masyarakat. Yoghurt merupakan olahan susu yang diberi tambahan probiotik, seperti lactobacillus atau acidophilus. Produk ini terbilang mudah ditemukan di toko maupun swalayan. Jika Anda lebih memilih membeli yoghurt di toko atau swalayan, sebaiknya perhatikan kandungan bahan-bahan tambahan di dalamnya.

2. Kefir

Kefir merupakan hasil fermentasi dari susu kambing yang dicampur dengan kefir grain. Kefir mengandung bakteri baik lactobacilli dan bifidus. Selain itu, kefir juga sangat kaya dengan antioksidan. Sehingga tak heran jika kefir juga digunakan sebagai perawatan kecantikan.

3. Tempe

Makanan yang satu ini terbilang mudah ditemukan di Indonesia dan sering menjadi santapan harian. Tempe merupakan olahan makanan yang berasal dari fermentasi kedelai. Selain kaya dengan probiotik, tempe juga mengandung vitamin B12.

4. Kimchi

Kimchi merupakan hasil fermentasi sawi dan sayuran lainnya dengan citarasa asin, asam, dan pedas. Kimchi merupakan makanan khas Korea. Selain mengandung bakteri baik, kimchi juga mengandung beta carotene, zat besi, kalsium, serta berbagai vitamin A, B1, B2, dan C. Vitamin C sangat baik untuk kekebalan tubuh dan mampu menaikkan trombosit secara alami (cara meningkatkan trombosit pada demam berdarah).