Kampung Berseri Astra (KBA) merupakan sebuah program yang diadakan oleh PT Astra Internasional (Tbk.). Program ini merupakan bentuk kepedulian Astra terhadap perkembangan kesejahteraan warga Indonesia. Astra mencoba meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia dengan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap wilayah di Indonesia.

Kampung Berseri Astra - Talang Babungo

KBA hadir dalam 5 kategori kampung yaitu kampung budaya, kampung produktif, kampung hijau, kampung wisata, dan kampung cyber. Setiap jenis kampung mengoptimalkan potensi yang dimiliki sesuai bidang masing-masing. Penilaian kampung dilakukan berdasarkan 4 pilar CSR (corporate social responsibility) yang meliputi kesehatan, lingkungan, pendidikan, dan kewirausahaan.

Sejak awal berdirinya program KBA, jumlah kampung yang bergabung sebagai KBA terus bertambah. Sampai sekarang sudah tercatat 77 nama kampung yang menjadi bagian dari KBA. Salah satu nama kampung bagian dari KBA adalah kampung Nagari Talang Babungo, kecamatan Hiliran Gumanti, Solok, Sumatera Barat yang sudah terdaftar sejak tahun 2016 silam.

Pesona Alam Nagari Talang Babungo

Ada satu hal menarik yang dimiliki oleh Nagari Talang Babungo yaitu keaslian alamnya yang sangatindah. Sebagai Kampung Berseri Astra, Nagari Talang Babungo mencoba mempertahankan keaslian alamnya. Keindahan alamnya yang masih sangat natural membuat siapapun pasti akan terpesona. Meskipun begitu, kampung ini memiliki kemajuan pesat di berbagai bidang.

Salah satu perubahan yang dimiliki Nagari Talang Babungo setelah bergabung sebagai bagian dari KBA adalah lingkungan alam yang lebih tertata. Jika dulu Nagari Talang Babungo tergolong kumuh dan kotor, kini semuanya berubah menjadi lebih tertata dan lebih indah. Lingkungan alam yang liar berubah menjadi lebih terawat dan membuat siapapun akan menyukai keindahan Nagari Talang Babungo.

Nagari Talang Babungo memiliki kondisi lingkungan yang indah dan juga bersih. Kebersihan lingkungan Nagari Talang Babungo tidak lepas dari kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan. Setiap warga memiliki kesadaran penuh untuk membuang sampah di tempat yang seharusnya. Dengan begitu, tak ada lagi sampah bertebaran dan kondisi lingkungan menjadi semakin terjaga.

Peningkatkan Kualitas Hidup Petani Tebu

Salah satu pilar CSR yang perlu difokuskan dari program KBA adalah kewirausahaan. Pilar yang satu ini perlu dimaksimalkan agar taraf hidup masyarakat meningkat secara finansial. Salah satu program pembinaan kewirausahaan warga di Nagari Talang Babungo adalah pembinaan terhadap petani tebu.

Ada banyak warga Nagari Talang Babungo yang berprofesi sebagai petani tebu. Karena itulah dilakukan pembinaan agar petani tebu bisa lebih produktif menghasilkan gula tebu untuk meningkatkan kesejahteraan warga Nagari Talang Babungo. Melalui bimbingan pengelolaan gula tebu dari Astra, kini petani tebu di Nagari Talang Babungo bisa lebih produktif.

Sebelum bergabung sebagai bagian dari KBA, petani tebu di Nagari Talang Babungo mengolah tebu dengan metode yang tradisional. Metode ini membutuhkan waktu yang lebih banyak, tenaga yang lebih besar, dan biaya yang lebih tinggi. Program KBA ini kemudian mengubah metode pengolahan tebu yang dilakukan oleh petani tebu di Nagari Talang Babungo menjadi lebih modern dan efektif.

Pengolahan tebu tidak hanya menghasilkan gula yang bisa dijual ke masyarakat. Pengolahan tebu juga menghasilkan ampas tebu yang kemudian bisa dimanfaatkan sebagai makanan untuk hewan ternak. Jadi, kini petani tebu bisa mendapatkan hasil yang lebih besar karena pengolahan tebu bisa menghasilkan lebih banyak produk bermanfaat.

banner-kba

Astra telah banyak berjasa membangun negeri Indonesia. Melalui program Kampung Berseri Astra, sudah ada banyak kampung yang menunjukkan peningkatan kualitas hidup. Diharapkan di masa depan ada semakin banyak kampung yang terdaftar menjadi anggota KBA dan terus berkembang bersama menuju kehidupan yang lebih sejahtera.