Sebagai salah satu pengguna alat transportasi umum kereta api yang aktif tentu akan merasa khawatir akan banyaknya beredar tiket kereta api palsu. Kereta api merupakan salah satu jenis alat transportasi darat yang banyak menjadi pilihan masyarakat. Selain harga yang lebih terjangkau kereta api juga bebas macet dalam perjalanan. Jadi pada keadaan mendesak sekalipun bisa memilih kereta api sebagai sarana berpergian dari pada bus-bus antar kota. Tidak diherankan banyaknya kelebihan-kelebihan pada kereta api yang menyebabkan selalu mengalami kenaikan penumpang setiap tahunnya.

kereta-api-datang

Apalagi sekarang ditambah dengan mudahnya orang mendapatkan tiket kereta dengan berbagai tujuan daerah. Ya, secara resmi PT KAI menyediakan sistem pembelian tiket online untuk masyarakat umum yang akan menggunakan kereta api sebagai alat transportasi untuk berpergian ataupun liburan. Sistem online memang lebih memudahkan masyarakat jadi tidak harus susah payah datang ke loket dan melakukan pengantrian hanya untuk mendapatkan tiket. Karena sekarang bisa dari manapun dan kapanpun selagi masih terkoneksi dengan baik oleh internet, pembelian tiket kereta pun mudah dilakukan. Berikut ini langkah-langkah dalam pembelian tiket kereta di situs jual beli online, antara lain:

  1. Pilih salah satu situs resmi atau aplikasi untuk melakukan pembelian, lebih disarankan situs dari PT KAI yang sudah terbukti keamanan dan dapat dipercaya.
  2. Anda bisa membuka situs tersebut melalui komputer ataupun gadget yang Anda miliki. Kemudian akan muncul halaman pertama situs yang menerangkan akan tujuan keberangkatan dan stasiun keberangkatan.
  3. Setelah Anda memilih untuk tujuan kota selanjutnya klik pada tombol selanjutnya, disitu akan terdapat beberapa jam keberangkatan dan juga jenis kereta yang digunakan kemudian bisa Anda pilih salah satunya.
  4. Untuk pembelian tiket kereta api secara online memang semua proses dilakukan sendiri tanpa bantuan petugas. Dari halaman tersebut akan muncul mengenai form pengisian data diri lengkap serta kontak yang bisa dihubungi mulai dari nomor telephone atau email.
  5. Selanjutnya pilih kelas ataupun subkelas yang menjadi keinginan Anda, dari mulai harga terendah sampai pada harga tertinggi. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.
  6. Jika seat yang Anda pilih masih tersedia akan muncul tulisan booking, kemudian klik pada tombol tersebut.
  7. Kemudian setelah semuanya selesai dari mulai pengisian data lengkap sampai dengan data kereta yang akan digunakan, saatnya Anda menentukan cara pembayaran. Biasanya bisa melalui ATM transfer bank, kartu kredit atau lainnya sesuai dengan keinginan Anda.
  8. Sebelum Anda melakukan pembayaran, biasanya akan muncul informasi pada halaman mengenai keterangan nama penumpang, tujuan penumpang, jadwal keberangkatan sampai dengan total harga yang harus dibayarkan.
  9. Sebelum membayarkan lebih baik untuk mengecek kembali apakah ada kesalahan pada nama dan juga jadwal, yang tidak kalah penting tanyakan kepada pihak situs apakah masih ada biaya lain yang dikenakan kepada penumpang. Karena tidak sedikit kasus mengenai harga tiket yang murah tetapi diluar itu masih banyak lagi biaya-biaya yang harus ditanggung.

Itulah beberapa tahapan dalam pembelian tiket secara online, baik online maupun offline keduanya mempunyai kekurangan maupun kelebihan masing-masing. Jika di online Anda perlu hati-hati, karena semua komunikasi dengan pihak penjual jasa hanya melalui internet atau telephone akan lebih sulit jika terjadi permasalahan. Misalnya begini, saat Anda membeli tiket kereta api secara online sudah dipastikan keberangkatanya tetapi setelah hari H terjadi pembatalan jadwal secara sepihak. Jika hal tersebut terjadi memang lebih sulit mendapatkan solusi.