“Kejarlah ilmu sampai ke negeri China” merupakan pepatah yang sering digunakan untuk memberikan semangat pada pelajar agar menempuh pendidikan setinggi-tingginya dan sebaik-baiknya. Jika memang tempat yang lebih baik untuk menempuh pendidikan adalah di luar negeri maka ke sanalah Anda harus mengejarnya untuk mendapatkan yang lebih baik.

buku

Sayangnya semua itu tak semudah yang dikatakan. Belajar di luar negeri membutuhkan bukan hanya kepandaian untuk beradaptasi dengan lingkungan baru namun juga biaya yang tak sedikit. Hal inilah yang melatarbelakangi pencarian beasiswa bagi mereka yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri. Jika Anda salah satu dari pencari beasiswa di luar negeri tersebut, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri:

Almamater

Jangan berhenti untuk terus berhubungan dengan universitas yang akan memiliki banyak informasi mengenai beasiswa untuk mahasiswa lulusannya. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan misalnya bergabung dalam group di sosial media, mengikuti informasi yang ada di website resmi universitas ataupun mengikuti sosial media universitas. Dengan begitu Anda tak akan ketinggalan jika ada beasiswa yang diinformasikan.

Universitas tujuan

Jika Anda sudah memiliki universitas tujuan maka ikuti terus informasi yang diberikan oleh universitas. Banyak universitas luar negeri yang memberikan beasiswa penuh bagi mahasiswa dari negara lain yang ingin kuliah di sana. Anda perlu memperhatikan persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk bisa mengikuti program beasiswa. Kebanyakan universitas tidak memberikan beban biaya namun lebih menitik beratkan pada persyaratan akademis.

Institusi pemerintahan

Jangan bosan untuk mengecek informasi di institusi pendidikan pemerintahan seperti Kemenristekdikti yang bisa memberikan Anda bukan hanya beasiswa ke luar negeri pasca sarjana saja namun juga uang saku dan uang untuk membeli diktat yang dibutuhkan.

Kedutaan besar

Jangan lupa untuk cek juga informasi dari kedutaan besar negara dimana Anda ingin meneruskan kuliah. Kedutaan besar bisa mengumumkannya secara luas namun bisa juga hanya meneruskannya pada mereka yang telah mengantri beasiswa terlebih dahulu. Jadi Anda jangan sampai ketinggalan untuk menunggu informasi yang dimiliki oleh kedutaan besar.

Institusi pendidikan luar negeri

Sama seperti Kemenristekdikti di Indonesia, pemerintahan luar negeri juga memiliki institusi pendidikan yang bisa memberikan informasi jika ada beasiswa untuk pencari beasiswa dari luar negeri. Untuk mengetahuinya, Anda harus memantau website institusi tersebut sesuai dengan tujuan beasiswa yang sedang Anda incar. Jangan hanya satu atau dua negara yang Anda pantau namun beberapa negara agar dapat memilih mana yang lebih baik atau lebih masuk akal.

Perusahaan besar

Beberapa perusahaan nasional besar memiliki beasiswa yang diberikan untuk umum maupun karyawan. Sebut saja PT Pertamina, PT Djarum, Sampoerna dan sebagainya.

Beberapa cara tersebut bisa membawa Anda lebih dekat untuk mendapatkan beasiswa pasca sarjana di luar negeri. Sebenarnya banyak universitas luar negeri yang bisa memberikan beasiswa secara penuh dan dengan syarat akademis yang tidak terlalu sulit seperti di Jerman dan negara Eropa lainnya yang sudah menggratiskan pendidikan. Namun Anda tetap perlu memikirkan masalah biaya hidup di sana karena pastinya tidaklah mudah. Biaya transportasi akan menjadi biaya pertama yang dibutuhkan bahkan untuk melakukan tes masuknya. Setelah itu masih ada biaya penginapan dan makan yang perlu dipikirkan dalam waktu yang cukup lama. Karena itulah beasiswa ke luar negeri dibutuhkan bukan hanya untuk kebutuhan perkuliahan namun juga uang saku dan kebutuhan pribadi lainnya.