Mancing merupakan salah satu hobi yang bermanfaat, karena untuk melakukannya seseorang butuh konsentrasi yang tinggi. Di Indonesia sendiri peminat pemancing ikan sangat tinggi, bahkan beberapa dari mereka telah mempunyai komunitas memancing. Tidak heran jika banyak toko pancing online ataupun offline yang ditemukan di lingkungan masyarakat. Menjamurnya toko online yang ada di Indonesia ternyata tidak hanya menyediakan berbagai kebutuhan pokok masyarakat tetapi juga berbagai alat untuk melakukan hobi seseorang salah satunya pancing. Tidak berbeda dengan alat olahraga ternyata pancing mempunyai tingkatan dari mulai yang biasa, standar sampai dengan yang professional.

pancing-umpan

Selain dari kebutuhan alat pancingnya tetapi untuk memancing juga perlu beberapa teknik yang perlu dipelajari. Diluaran sering dijumpai berbagai macam pancing dengan kualitas yang rendah sehingga menimbulkan beberapa kendala untuk melakukannya antara lain terlalu berat, membuat senar cepat rusak, kualitas ring guide yang mudah berkarat atau kendala lainnya. Berikut ini beberapa panduan dalam pemilihan pancing sebagai pemula, antaranya:

1. Joran

Sebelum melakukan pembelian alat pancing sebaiknya Anda menentukan dulu lawan ikan yang akan dicari, akan dilakukan di laut atau hanya di rawa-rawa. Hal itu akan membedakan jenis pancing yang dicari. Pertama yaitu pada joran, semakin panjang joran pada pancing semakin jauh juga lemparan yang dapat dihasilkan. Sedangkan untuk joran pendek akan mempermudah atau meringankan ketika sedang melakukan fligh dengan beberapa jenis ikan besar. Secara tidak langsung itu akan membedakan pancing mana yang sesuai seperti yang Anda butuhkan.

2. Reel

Seperti yang dikatakan diatas teknik akan mempengaruhi jenis pancing yang akan Anda pilih. Misalnya saja dari pemilihan reel harus diperhatikan, mulai dari material, berat, gear ratio, atau melalui sistem drag pada reel. Berat atau ringannya reel akan berpengaruh pada kenyamanan pemancing. Untuk melihat informasi atau referensi jenis pancing dapat Anda lihat pada toko pancing online melalui beberapa situs. Karena beberapa teknik memerlukan ukuran geer yang lebih besar. Beberapa jenis real telah tersedia dipasaran antara lain reel spinning dan juga real konvensional.

Itulah hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan pancing yang dapat Anda gunakan untuk memancing. Kalau masih bingung menentukan jenis joran atau reel yang seperti apa, Anda perlu banyak pertimbangan. Berikut ini beberapa pemikiran yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Sesuaikan dengan teknik dan sasaran memancing

Kenapa perlu memperhatikan teknik memancing, karena dalam kasus memancing itu terdapat beberapa perbedaan teknik dan sangat beragam. Jangan sesekali memilih joran secara sembarang jika Anda tidak menginginkan terjadi kejadian yang tidak diinginkan seperti senar terurai dan juga terlilit, joran patah, bahkan tidak bisa digunakan dengan sempurna saat ikan menyambar.

2. Jenis bahan dan komposit joran

Di pasaran banyak sekali jenis jeroan yang mempunyai kualitas berbeda-beda, hal ini terjadi karena bahan dasar yang digunakan juga berbeda. Mulai dari bahan fiberglass, carbon, medium mix antara carbon dan fiberglass, high carbon composite, atau lainnya. Kesemua bahan yang digunakan tersebut mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Kedua tips diatas dapat Anda perhatikan saat akan memilih jenis joran atau steel seperti apa yang akan digunakan. Sebagai pemula jangan pernah melihat besar harganya tetapi perhatikan dari kualitas yang sesuai dengan Anda. Karena beberapa toko pancing online menawarkan berbagai jenis, model, merk sampai dengan harga pancing yang berbeda-beda. Yang paling utama lagi yaitu pastikan bahwa toko online yang akan dijadikan sebagai tempat belanja tersebut benar-benar resmi.