Mungkin banyak di antara Anda yang memiliki cita-cita untuk melanjutkan study ke luar negeri, tidak hanya di dalam negeri saja. Karena memang dengan mengenyam pendidikan di negara orang nantinya akan lebih banyak pengalaman dan pastinya nilai lebih yang didapatkan. Termasuk setelah lulus kuliah nanti tentunya akan semakin mudah jika seandainya melamar pekerjaan, akan ada banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang akan menunggu Anda masuk ke dalamnya. Hanya saja biaya study ke luar negeri yang mahal menjadi salah satu alasan utama banyak yang tidak bisa mewujudkan mimpi tersebut. Jangan khawatir karena nyatanya Anda bisa mencari beasiswa luar negeri.

buku-apel

Faktanya program beasiswa yang banyak ditawarkan saat ini tidak hanya ditujukan untuk kuliah di dalam negeri saja, melainkan juga untuk kuliah ke luar negeri, entah itu program yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia, atau pemerintah dari negara yang bersangkutan. Pastinya bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan terbaik untuk mewujudkan cita-cita Anda tersebut. Hanya saja sudah pasti pesaing untuk bisa kuliah dengan beasiswa sampai ke luar negeri ini sendiri sangatlah banyak.

Begitu juga ketentuan-ketentuan yang harus Anda lengkapi sebagai syaratnya, jadi butuh persiapan sedini mungkin. Setidaknya berikut ini ada beberapa kunci sukses untuk Anda agar bisa meraih beasiswa luar negeri ini, harus mulai dilakukan sekarang juga, di antaranya adalah:

Melatih kemampuan dalam berbahasa inggris, tentunya yang menjadi syarat utama untuk bisa kuliah ke luar negeri tak lain adalah harus bisa berbahasa inggris, jika seandainya dari segi kemampuan bahasa inggris saja tidak diasah dengan baik, sudah pasti akan sangat sulit bagi Anda untuk dapatkan beasiswa ke negara tujuan tersebut. Mulai dari sekarang tidak ada salahnya untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Les di beberapa lembaga yang sudah terbukti berkualitas atau berlisensi.

Lakukan persiapan untuk tes SAT dan juga ACT, SAT dikenal juga sebagai Scholastic Aptitude Test, sedangkan ACT adalah American College Testing. Ini adalah sebuah ujian akademik yang dilakukan, apakah nantinya pelamar tersebut layak atau dapat belajar di universitas yang diinginkan ataukah tidak. Mirip seperti tes pengetahuan umum dan juga psikologi, hanya saja dengan bahasa inggris.

Pastikan juga tak hanya berprestasi secara akademik, melainkan juga non akademis, ini yang harus diketahui bahwa sebenarnya tidak cukup hanya dengan memiliki nilai yang bagus atau prestasi akademis, Anda juga butuh pengalaman layaknya berorganisasi. Karena nantinya universitas tersebut tidak hanya mencari anak-anak yang memiliki nilai pendidikan yang bagus saja, melainkan lebih dari itu juga mereka yang memiliki banyak kegiatan di luar sekolah. Anda bisa mendaftar menjadi relawan atau sejenisnya untuk meningkatkan penilaian akan prestasi di luar akademis.

Persiapkan application essay, khusus untuk universitas bergengsi yang ada di US mewajibkan calon pelamar untuk menyertakan ini, buat essay semenarik mungkin yang membedakan antara Anda dengan calon pelamar lainnya dan pastinya juga menjual. Jangan berlebihan pastikan tetap menjadi diri sendiri.
Sertakan surat rekomendasi yang diberikan oleh guru dari sekolah tersebut, ini nantinya juga akan menjadi nilai lebih agar bisa meraih beasiswa yang diinginkan tersebut.

Cobalah untuk menerapkannya, maka peluang untuk diterima beasiswa luar negeri akan terbuka semakin lebar. Tentunya sangat membanggakan bukan, bisa menjadi salah satu yang beruntung untuk bisa mengenyam pendidikan ke luar negeri.

Informasi disediakan oleh: IDP Indonesia